KONSEP DASAR MANAJEMEN DATA ELEKTRONIK

1. Pendahuluan

Perkembangan informasi semakin pesat dari masa ke masa diiringi dengan kemajuan teknologi informasi. Kemajuan bidang teknologi informasi yang dikemas dalam bentuk elektronik memberi kemudahan dalam hal pengumpulan , pengolahan, penyimpanan, penemuan kembali  dan penyampaian informasi.  Dengan pengolahan  yang tepat, data akan menjadi informasi dan kemudian menjadi pengetahuan, yang merupakan sumber daya sebuah organisasi yang sangat berharga dan landasan utama dari keunggulan kompetitif.

Teknologi informasi melahirkan beragam komponen elektronik. contoh:  Dalam hal penelusuran data/informasi di perpustakaan diperlukan komponen komputer dan aplikasi yang mendukungnya. Hal tersebut, tentunya tidak terlepas dari pengolahan data dalam bentuk elektronik yang memudahkan dalam bidang informasi. Peran data elektronik tersebut tentunya tidak dapat terlepas dari manajemen data elektronik, yang dapat menciptakan efesiensi dan efektivitas dalam menyajikan informasi

2. Manajemen Data Elektronik

Manajemen data alektronik berasal dari kata data, elektronik dan manajemen. menurut kamus besar bahasa Indonesia data adalah keterangan yang benar dan nyata, elektronik adalah alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika yang dalam kasus ini ialah komputer, sedangkan manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran.

Dengan demikian Manajemen data elektronik dapat diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrolan suatu fakta yang terdapat pada media elektronik, sehingga dapat digunakan untuk menyediakan dan memenuhi kebutuhan informasi secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

3. Tujuan  Manajemen Data Elekktronik adalah :

  • Data elektronik dikelola untuk :

-          Repository : data dikumpulkan untuk menyediakan/memenuhi kebutuhan informasi

-          Efektifitas dan efisiensi dalam proses penyimpanan, pencarian/penelusuran dan penyajian

  • Terkait dengan efektifitas dan efisiensi diperlukan system informasi data
  • Karena dalam format elektronik  dewasa inin lazim dikenal informasi berbasis komputer

4. Penutup

Perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang begitu pesat, menyebabkan para pengguna membutuhkan berbagai informasi yang di kemas dalam bentuk elektronik.  Dalam hal ini  diperlukan pengelolaan data secara elektronik (menyimpan, mengolah, temu kembali, menyediakan/penyampaian informasi) sehingga menghasilkan pengelolaan yang efisien dan efektif serta  memudahkan  pengguna mendapatkan informasi secara cepat tepat.

5. Daftar Pustaka

Http:// Kamus Bahasa Indonesia.org /manajemen #ixxzz271GTSOLN (Diakses hari Kamis, 22 September 2013)

http :// http://kuliah.yarsi.ac.id/course/view.php?id=1021 (diakses 22 September 2013)

http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen (diakses 22 September 2013)

http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen (diakses 22 September 2013)http://nurfitriyani.wordpress.com/2012/09/22/manajemen-data-elektronik/diakses22 September 13

H.B. Siswanto. 2006. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Konsep Dasar Manajemen Data Elektronik, diakses 22 September 2013

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s